Jaw Crusher ( Pemecah Rahang )

Posted by Yakup Label: , , ,

Alat ini terutama dipakai untuk memecah biji-bijian / batu-batuan. Biji-biji dipecahkan diantara 2 buah rahang besi / baja. Salah satu dari kedua rahang tersebut tidak bergerak ( diam ) sedang rahang yang satu lagi bergerak mundur maju yang disebabkan oleh pergerakan sumbu eksentrik.


Ada 2 cara pergerakan dari rahang yang bergerak :
  •  Cara yang pertama titik engsel tersebut berada dibagian atas, bagian bawahnya yang bergerak maju mundur. Cara demikian disebut System Blake
  • Cara yang kedua titik engsel rahang terletak dibagian bawah dan bagian atasnya bergerak maju mundur. Cara demikian disebut System Dodge


Kebaikan pemecahan menurut sistem dodge, ialah pada titik engselnya yang terletak dibagian bawah itu. Waktu pemecahan berlangsung lubang pembuangan hanya sedikit terbuka ( seolah-olah tetap ). Oleh karena itu hasil akhirnya rata. Keburukannya ialah lubang pembuang itu mudah tersumbat.

Pemecah menurut sistem blake paling banyak dipakai karena tidak mempunyai keburukan seperti sistem dodge. Keburukannya adalah hasil gilingannya kurang rata.

Supaya mulut rahang tidak cepat rusak, biasanya dilapisi dengan plat baja yang dikeraskan dan mudah diganti. Pada bidang penekanan dari plat baja tersebut dibentuk rusuk-rusuk untuk mepercepat pemecahan.

Untuk mendapatkan usaha penekanan yang besar dan pergerakan yang teratur, dipasang sebuah roda penerus. Biasanya dibuat dari besi yang pejal. Untuk mempercepat membukanya kembali rahang bagian bawah digunakan sebuah sekrup.




Gambar Jaw Crusher

Keterangan Gambar :
  1. Pivot ( Engsel )
  2. Roda Penerus ( Roda Penggerak )
  3. Rahang Tetap
  4. Rahang Bergerak
  5. Baut Pecah
  6. Pegas Ulir
  7. Pitman
  8. Trekstang

0 komentar:

Posting Komentar