Giratory Crusher ( Pemecah Kerucut )

Posted by Yakup Label: , , ,

Pemecah kerucut ini dipakai juga untuk memperkecil batu-batuan dan biji-bijian. Kerja alat ini juga berdasarkan penekanan dan pemecahan. Akan tetapi pada pesawat ini cara memecahnya tidak berkala, seperti pada pemecah rahang, melainkan terus menerus.

Alat ini dipandang sebagai Jaw Crusher dimana rahang penghancurnya berbentuk silinder. Rahang penghancur ini terletak pada poros yang dapat berputar cepat atau lambat, sesuai dengan besarnya gesekan yang terjadi antara bahan yang dihancurkan dengan rahang.

Pada waktu alat ini bekerja, ujung sumbu atas kerucut berfungsi sebagai engsel sedangkan ujung bawah berkeliling hingga gerakan kerucut bergerak mengelilinginya bagian dalam selubung yang tinggal tetap.

Akibat ayunan kerucut ini jarak antara kerucut dengan selubung berubah-rubah. Pada waktu ruang itu sedang mengecil terjadi pemecahan dan pada waktu ruang itu membesar bahan yang sudah digiling akan turun. Pekerjaan ini berlangsung sepanjang keliling kerucut dan terus menerus.


Gambar dibawah ini adalah konstruksi sebuah pemecah kerucut yang diputarkan dengan perantara sebuah roda gigi. Dalam alat ini sumbu-sumbu utama bagian bawah dimasukkan kedalam suatu tabung eksentrik. Bila tabung tersebut diputar maka sumbunya akan terayun.

Pemecah Kerucut

Keterangan Gambar :
      1. Bantalan Poros
      2. Kepala Pemecah
      3. Umpan / Bahan Masuk
      4. Hasil Keluar

Cara Kerja :
  1. Masukkanlah bahan yang akan dihancurkan ke dalam ruang penghancur yang berbentuk V melalui lubang pemasukan.
  2. Mesin dijalankan sehingga ruang penghancur ( crushing head ) dapat berputar pada porosnya.
  3. Dengan perputaran rahang penghancur itu, maka terjadi gesekan antara bahan yang dihancurkan dengan rahang penghancur, yang akibatnya bahan akan hancur.
  4. Bahan-bahan yang telah hancur akan jatuh ke dasar mesin dan akhirnya jatuh keluar melalui lubang pengeluaran.

    2 komentar:

    1. Unknown

      digunakan pada industri apa?

    1. Unknown

      Keramik

    Posting Komentar