Smooth Roll Crusher ( Pemecah Putar )

Posted by Yakup Label: , , ,

Pada Prinsipnya alat ini terdiri dari 2 buah silinder logam dengan permukaan yang halus yang dapat berputar pada 2 buah sumbu yang sejajar. Untuk menggerakkan silinder ini dipergunakan sebuah roda penggerak. Bentuk alat dapat dilihat pada gambar di bawah ini*.

Cara pengerjaan pemecahan pada pemecah ini berdasarkan penekanan dan gesekan. Bahan giling dilewatkan diantara 2 buah roda yang berputar dengan arah berlawanan arah. Biasanya pemasangan dari salah satu dari kedua roda itu tetap. Sedangkan yang satu lagi dapat bergerak mundur maju karena di tahan oleh pegas sekrup baja.

Gambar dibawah menunjukkan sebuah pemecah putar yang hanya terdiri dari 2 buah roda putar. Biasanya pemecahan dari mesin semacam ini tidak dapat mencapai hasil yang di inginkan bila penggilingnya hanya satu kali, sehingga penggilingan harus di lakukan berkali-kali.

Untuk mempermudah dan mempercepat kerjaan penggilingan pada mesin pemecah ini. Kemudian di buat mesin pemecah putar dan jarak antara roda-roda itu tidak sama ( makin kecil ) hingga hasil akhir dari pemecahan semacam ini dapat mencapai besar butiran yang di inginkan.

Pemecahan putar semacam ini sering di pakai untuk menggiling biji-biji yang berminyak. Kelemahan dari alat ini adalah Jika dipasang satu rangkaian hasil kurang optimal.

Cara Kerja :
  1. Jalankan roda penggerak sehingga silinder logam ikut berputar.
  2. Masukkanlah bahan yang akan di hancurkan ke dalam ruang penghancur melalui lubang pemasukkan.
  3. Dengan perputara silinder ini maka bahan-bahan akan hancur menjadi bahan bagian-bagian kecil dan kemudian dapat keluar melalui lubang pengeluaran.

* Gambar Menyusul

    0 komentar:

    Posting Komentar