Ekstraksi Padat-Cair & Cair-Cair Pada Industri

Posted by Yakup Label:

Ekstraksi Padat - Cair
Pengurasan dengan hamparan padat stasioner

Bila zat padat itu membentuk massa yang permeabel selama proses pengurasan itu, pelarutnya mengalir melalui rongga-rongga dalam hamparan zat padat yang tidak teraduk. Zat padat yang tak permeabel terdispersi kedalam pelarut dan dipisahkan kemudian dari pelarut itu. Kedua metode itu dapat dilaksanakan dengan sistem tumpak ( batch ) maupun kontinu ( sinambung ).


Pengurasan dengan perkulasi melalui hamparan zat padat stationer dilaksanakan didalam tangki yang mempunyai dasar berlubang-lubang yang fungsinya mendukung zat padat tetapi masih dapat melewatkan pelarut keluar. Pelarut segar diumpankan kedalam tangki yang berisi zat padat yang kandungannya sudah hampir diekstraksi, pelarut itu lalu dialirkan melalui sejumlah tangki dalam deretan seri hingga akhirnya keluar dan tangki yang berisi muatan padat segar. Deretan tangki demikian dinamakan baterai ekstraksi ( Extraction Battery ). Zat padat didalam setiap tangki itu berada dalam keadaan stationer sampai seluruh operasi itu selesai.

Pengurasan dengan hamparan padat bergerak

Zat bergerak melalui pelarut tanpa pengadukan atau sedikit sekali pengadukan.

Ekstraksi Cair-Cair
Pencampuran - pengendap


Pencampur pengendap dapat dioperasikan dengan aliran lawan arah. Rafinat dari masing-masing pengendap diumpankan pada pencampur berikutnya, dalam umpan bertemu dengan ekstrak antara atau pelarut segar. Prinsipnya sama dengan penguasaan bertahap

0 komentar:

Posting Komentar